Begini Langkah-langkah dalam Pembuatan Lantai Epoxy 3D

Lantai Epoxy 3D

Lantai merupakan salah satu elemen konstruksi yang keberadaannya sangat penting, terutama menyangkut estetika dan kebersihan isi bangunan. Beragam cara banyak dilakukan pihak kontraktor dalam hal pemilihan bahan dan metode dalam menciptakan lantai ruangan. Menariknya, jenis lantai saat ini mengalami revolusi yang menakjubkan sehingga pembuatan lantai tidak melulu dari ubin atau keramik. Jika lantai yang terbuat dari batu marmer atau lantai kayu dianggap klise, maka ada pilihan lain dalam memperoleh keindahan pada lantai, yakni lantai epoxy 3D.

Lantai epoxy 3D merupakan terobosan baru dalam inovasi pembuatan lantai, yang menghadirkan suasana yang mirip dengan sesungguhnya. Jika pembuatannya benar dan sempurna, maka isi ruangan tersebut seakan-akan berada di dalam dunia seperti yang ditampilkan pada lantai epoxy 3D itu. Biasanya para pemilik rumah menghadirkan suasana pantai atau pemandangan laut pada lantai kamar mandi atau lantai ruang keluarga. Selintas lalu lantai ini begitu nyata sehingga seakan-akan penghuni rumah berada di sekitar pantai sesungguhnya.

Langkah Kerja Pembuatan Lantai Epoxy 3D

Langkah Kerja Pembuatan Lantai Epoxy 3D

Lantai epoxy 3D bisa disebut sebagai lukisan mural yang tertera pada lantai bangunan. Karena berbasis gambar, lantai jenis ini dapat dibuat dengan cara dilukis langsung atau menggunakan stiker hasil foto yang diproduksi pabrikasi. Bagi seniman berpengalaman, pembuatan lantai semacam ini akan terlihat sangat indah dengan risiko kesalahan yang kecil, tetapi berbiaya mahal, terutama dalam hal pembiayaan ongkos pelukis. Sedangkan lantai epoxy yang dibuat dengan menggunakan stiker pabrikasi, agak sulit dalam pembuataannya tetapi berbiaya lebih murah daripada yang dilukis. Dalam artikel kali ini, akan dibahas langkah-langkah pembuatan lantai epoxy 3D yang menggunakan stiker/cetak secara berurutan.

1. Bersihkan Lantai

Sebelum memulai, bersihkan lantai dari segala kekotoran dan hal-hal yang dapat menggannggu jalannya proyek pengerjaan ini. Pastikan seluruh lantai telah siap untuk disulap dengan segala kerepotannya.

2. Permukaan Lantai

Pastikan permukaan benar-benar rata tanpa cekungan atau gundukan sekecil apapun. Permukaan yang tidak rata dapat menyebabkan foto stiker yang akan direkatkan di lantai akan tempak cekung atau bergelombang. Tentu hal ini sangat buruk, di samping tidak terlihat alami. Gunakan waterpass untuk memastikan seluruh permukaan lantai rata dan halus. Jika lantai berawal dari lantai keramik, poles kembali dengan menggunakan semen cair lalu haluskan dengan menggunakan mesin trowel. Gunakan cat epoxy lantai dasar secara tipis untuk membuat alas cat, kemudian perhalus kembali.

3. Stiker Gambar

Stiker gambar sebagai bahan pembentuk lantai epoxy 3D sangat banyak jumlah dan bentuk gambar yang tersedia di toko-toko bahan bangunan. Kamu juga bisa mengunduh dari internet denga resolusi tinggi agar kehalusan gambar tetap terjaga, untuk kemudian dicetak. Gambar-gambar ini bisa juga Kamu ambil sendiri dengan menggunakan kamera pada objek pemandangan yang disukai, misalnya pantai, persawahan, batu marmer, atau alam pegunungan. Rekatkan gambar ini dengan berhati-hati dan tepat hingga tidak terdapat tekukan atau lipatan.

4. Lapisi dengan Cat Epoxy

Setelah gambar atau foto direkatkan, segera lapisi gambar dan foto pemandangan ini dengan cat epoxy lantai glossy yang dicampur dengan hardener untuk memperkuat, sehingga lantai benar-benar keras dan tidak mudah hancur. Lakukan hal ini secara tipis merata lalu ulangi kembali sebanyak 3 kali untuk menghasilkan efek mengkilap. Setelah kering, haluskan dengan menggunakan mesin trowel untuk mendapatkan hasil yang halus dan indah. Jika telah kering, lantai ini akan menimbulkan kesan layaknya di alam sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *