Cara Memperindah Lantai Dengan Epoxy

Lantai Dengan Epoxy

Apakah anda salah satu orang yang menyukai nilai-nilai estetika? Mempunyai keinginan memiliki rumah yang estetik? Epoxy adalah salah satu cara membuat hunian anda menjadi lebih estetik. Lantai epoxy akan memberikan efek 3D sehingga membuat hunian anda terlihat lebih megah dan estetik.

Selain nilai estetikanya lantai berbahan epoxy juga memiliki banyak kelebihan seperti, keras sehingga memiliki daya tahan yang kuat terhadap beban berat, memiliki ketahanan kimia yang bagus, memiliki kemampuan merekat yang sangat kuat, ketahanan terhadap panas yang baik serta kedap air.

Epoxy floor sendiri merupakan chat khusus yang memiliki dua komponen yaitu epoxy dan hardener. Komponen-komponen tersebut dicampur berdasarkan takaran tertentu hingga merata, kemudian diaplikasikan di atas keramik atau beton. Namun, dengan segala kelebihannya tentu saja anda juga harus mengeluarkan biaya yang lebih dari biasanya.

Cara membuat Lantai 3 Dimensi

  1. Pastikan permukaan lantai yang akan anda cat benar-benar halus
  2. Lakukan proses pencampuran Epoxy Floor, Pada tahap ini campurkan komponen hardener dan epoxy kemudian aduk, usahakan untuk selalu memindahkan campuran tersebut ke dalam wadah yang lain. Hal ini dilakukan supaya tidak ada sebagian cat yang tertinggal pada sudut-sudut ember dan tidak tercampur dengan sempurna sehingga mengakibatkan sebagian cat tidak bereaksi.

Selain itu, demi mempermudah pencampuran sebaiknya dibuat komposisi 4:1 atau 5:1 atau menggunakan satuan bulat lainnya agar lebih sederhana dan mudah.

  1. Setelah proses sebelumnya dilakukan, campuran tersebut harus segara diaplikasikan pada lantai, karena campuran tersebut memiliki usia tertentu, biasanya satu jam. Setelah masa pot life atau usianya berakhir maka campuran tersebut tidak bisa diaplikasikan lagi. Sedangkan untuk lapisan cat yang sudah diaplikasikan dapat mengering kurang dari satu jam, namun untuk hasil yang lebih baik, biasanya membutuhkan waktu sekitar dua hari. Pada suhu sekitar 100 c – 150 c epoxy dapat menjadi kental dan sulit diaplikasikan. Suhu optimal untuk melakukan proses pengecatan alami adalah berkisar 300 c.

Hal yang harus anda perhatikan ketika ingin memakai lantai epoxy adalah anda harus memperhatikan ketebalan lantai. Jika terlalu tebal tidak bagus dan terlalu tipis juga tidak akan berpengaruh. Ketebalan harus disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan dari pengecatan tersebut. Jika hanya untuk kebuthan biasa anda bisa melakukan ketabalan lapisan minimal 0,8-1 milimeter, untuk pengaplikasian dia atas keramaik pengecatan membutuhkan tebal epoxy minimal 2000µ. Sedangkan untuk tembok atau dindig membutuhkan ketebalan sekitar 0.3 mm – 0.5 mm.

Meskipun memiliki banyak kelebihan floor epoxy juga memiliki kekurangan. Berikut merupakan masalah yang timbul pada lantai epoxy

  • Lapisan epoxy menguning dan berkapur

Epoxy memiliki kelemahan terhadap sinar matahari sehingga apabila lantai langsung terkena sinar matahari, warnanya dapat berubah menguning, bahkan terkadang bisa terjadi chalking.

  • Tidak dapat melakat pada beberapa permukaan

Cat epoxy tidak dapat melekat pada beberapa permukaan seperti galvanis. Galvanis merupakan lapisan pelindung yang membentuk lapisan pelindung sendiri. Jika cat epoxy diaplikasikan pada permukaan galvanis maka akan cepat lepas. Apabila permukaan galvanis dalam kondisi harus dilapisi dengan cat epoxy, pastikan anda menggunakan cat primer yang tepat.

  • Terdapat lubang kecil pada permukaan.

Hasil yang tidak maksimal atau cacat akan menghasilkan lubang-lubang kecil yang tidak merata. Hal ini sering kali terjadi disebabkan oleh adanya kontaminasi dari bahan lain seperti, minyak, lilin dan silicon.

Jika anda memang benar-benar ingin mengaplikasikan floor epoxy, maka anda harus menggunakan jasa yang handal apabila anda sendiri belum terlalu handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *