Waspada Kebakaran! Hindari Korsleting Listrik Rumah Dengan melakukan Hal berikut!

Korsleting Listrik Rumah

Korsleting listrik buat siapa saja senewen. Kejadian tidak diinginkan tersebut, faktanya banyak menyebabkan musibah lain seperti kebakaran dan hilangnya harta benda bahkan nyawa. Hal itu pula yang menyebabkan kesimpang siuran mengenai apa alasannya dan bagaimana mengatasinya. Terutama bila masyarakat awam tidak paham listrik dan bukan kontraktor mekanikal elektrikal yang berkutat dengan listrik seharian.

Alasan Korsleting Listrik Rumah Dan Solusinya!

Sebagai orang awm ada berbagai hal yang bisa diwaspadai mengenai korsleting listrik. Sebagai lebih jelasnya, kala ada petugas pemeriksa listrik anda bisa bertanya tentang elektrikal mekanikal yang benar-benar mengangu anda. Mekanikal elektrikal juga bisa memberikan beberapa info tentang penyebab korsleting dan bagaimana menanganinya. Berikut pencegahan yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

1. Kesalahan Manusia

Penanganan listrik tidak bisa dianggap sepele, mengotak-atik sambungan listrik sendiri bisa jadi alasan adanya sambungana rus pendek yang menyebabkan korsleting. Hal utama untuk pencegahan adalah penghuni tidak melakukan hal berikut

  • melakukan sambungan langsung (bypass) peralatan baik pengaman, sekring maupun Mini Circuit Breaker (MCB). Bisa jadi dikarenakan listrik mendadak mati, atau mencoba untuk mengurangi tagihan listrik.
  • Tidak teliti dalam menangani perangkat listrik, penumpukan steker berpotensi menimbulkan panas yang berlebihan serta berpotensi terjadinya korsleting. hemat pengunaan listrik dan tidak berlebihan dalam penggunaan sehari-hari adalah cara aman terbebas dari masalah perlistrikan.
  • Tusuk kontak yang terlalu menempel pada pada stop kontak juga berpotensi menyebabkan korsleting. Terlepas anggapan umum tentang tagihan listrik yang tinggi atau rendah karena sering copot-pasang kontak, membiarkannya berbulan-bulan bisa ada penumpukan debu, pasir dan mengundang binatang kecil bersarang.
  • Ceroboh disekitar kontak listrik seperti menumpahkan air disekitarnya. Hati-hati dalam menangani perangkat listrik dan jauhi dari jangkauan anak. Penanganan terbaik masalah listrik adalah pencegahannya.

2. Penyebab Binatang Pengerat

Kita hidup dalam rumah kadang bisa tidak terlalu bersih. Instalasi listrik juga mengndang panas yang menarik perhatian binatang pengerat dan hewan lainnya. Panas yang dihasilkan listrik bisa jadi penyebab mereka rusak dan terjadi korsleting listrik. berikut beberapa peranan hewan pengerat disekitar kita yang merusak perangkat listrik.

  • Kabel yang digunakan tidak SNI dan jadi mudah digigiti hewan pengerat, hindari masalah elektrikal dengan menginvestasikan lebih untuk perangkat yang mahal dan juga ber SNI. melapisi kabel dengan konduit juga bisa jadi perlindungan extra untuk menghalau pengerat untuk merusak kabel listrik
  • Panel Listrik yang Tidak dipasang ketat, sambungan yang longar dan pengecekan yang jarang bisa mengundang tikus, semut, kecoa untuk bersarang ditempat panel listrik dan merusak keseluruhan sistem

3. Masalah Instalasi Listrik

problematika listrik bisa juga ketika ditelesuri sudah bermasalah sejak instalasi awal. Pada sambungan listrik, ada batas jumlah kabel listrik. daya listrik, serta berbagai hal yang berhubungan dengan pemasangan listrik atau penambahan. kesalahan pengerjaan dapat berkibat fatal dan berpotensi kecelakaan yang membahayakan nyawa. Jadi, perhatikan penjelasan kontraktor ketika pasang instalasi listrik untuk pencegahan jangka panjang.

  • Ketahui ukuran kabel listrik yang diperlukan, tiap ukuran berbeda fungsi dan kapasitas. Jangan mencoba untuk menekan budget dengan memilih kabel yang salah. Ukuran kabel yang tidak sesuai ampere bisa jadi mudah panas dan menyebabkan korsleting.
  • Pahami arti warna pada kabel listrik, hal tersebut berkaitan dengan standar kegunaannya. Yang hitam untuk sumber arus, biru berarti konduktor netral, dan hijau berfungsi untuk penahanan atau grounding.
  • Pemasangan kabel listrik sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli. Jangan anggap sepele dan lakukan instalasi sendiri, walaupun anda memiliki sedikit pengetahuna listrik dibangku sekolah atau perkuliahan

Hati-hati dalam penanganan listrik dan lakukan pengecekan secara rutin. Pencegahan selalu lebih baik dari pada memperbaiki. Korsleting listrik bisa memperburuk situasi dan mengancam keselamatan bukan hanya penghuni rumah saja namun juga masyarakat sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *