Berbagai Jenis dan Ukuran Buis Beton

Jenis dan Ukuran Buis Beton

Buis beton merupakan beton cetak hasil pabrikasi untuk keperluan saluran air atau hal-hal yang berhubungan dengan sistem pengairan. Beton ini dicetak dengan sistem tulang dan sistem polos tanpa besi tulang. Tentu saja buis beton yang bertulang lebih kuat daripada buis beton tanpa tulang.

Masyarakat lebih mengenal beton gorong-gorong daripada buis beton. Meski memiliki nama yang berbeda, beton-beton ini memiliki fungsi yang sama sebagai media saluran air, irigasi, drainase, sumur resapan, septitank, hingga saluran pembuangan. Karena fungsinya yang beragam, bentuk dan ukuran buis beton ini juga beragam. Biasanya kontraktor akan menyesuaikan lahan terhadap jenis dan ukuran buis beton ini. Di pasaran, buis beton berbentuk tabung tanpa tulang lebih disukai karena segi efisiensi harga.

Jenis Buis Beton

Jenis buis beton yang beredar di pasar umumnya didominasi oleh buis beton berbentuk tabung. Namun demikian, jenis buis beton cukup beragam karena keperluan yang beragam pula.

Jenis dan Ukuran Buis Beton

1. Buis Beton Tabung

Buis beton ini berbentuk tabung dengan panjang 100 cm dan diameter 25 cm hingga 100 cm.  Buis beton jenis ini kerap digunakan untuk sistem pengairan, saluran pembuangan, sumur, dan sumur resapan. Buis beton jenis ini kerap dijuluki beton gorong-gorong, karena umumnya gorong-gorong menggunakan buis beton dari jenis ini. Buis beton jenis ini dirancang untuk ditanam di dalam tanah sehingga keberadaannya tidak mengganggu fasilitas lainnya.Jenis dan Ukuran Buis Beton

2. Buis Beton Setengah Tabung

Buis beton ini menyerupai buis beton tabung dengan bentuk setengah dari buis beton tabung.  Panjang dan ukuran buis beton ini sama dengan buis beton tabung. Dalam penggunaanya, buis beton jenis ini kerap digunakan pada proyek irigasi, sistem pengairan, saluran air, atau saluran pembuangan. Buis beton ini dirancang terbuka sehingga aliran air dapat terkontrol dengan baik.

Jenis dan Ukuran Buis Beton

3. Buis Beton Kotak (Box Culvert)

Buis beton jenis ini berbentuk kotak dengan ukuran dari 40 x 40 cm hingga 150 x 300 cm. Buis beton ini meruapakan bentuk lain dari buis beton tabung dengan fungsi yang sama. Di pasaran, buis beton jenis ini lebih mahal daripada buis beton tabung, tetapi kekuatan yang dimiliki buis beton ini jauh lebih kuat daripada buis beton tabung.

Jenis dan Ukuran Buis Beton

4. Buis Beton Setengah Kotak (U-Dicth)

Buis beton jenis ini berbentuk setengah kotak dengan kegunaan yang sama dengan buis beton setengah tabung. Busi beton ini bisa jadi merupakan bentuk lain dari buis beton setengah tabung tersebut. Buis beton ini dirancang sebagai saluran air yang terbuka sehingga kelancaran air dapat dipantau.

Harga Buis Beton

Harga buis beton dipasaran sangat beragam sesuai dengan bentuk, ukuran, dan karakteristik buis beton yang dimaksud. Untuk buis beton berbentuk tabung harga berkisar antara Rp 65 ribu hingga Rp 235 ribu dengan ukuran panjang 100 cm dan diameter 20 cm hingga diameter 50 cm. Sedangkan buis beton setengah tabung (buis beton belah) harga berkisar Rp 45 ribu hingga Rp 185 ribu dengan panjang 100 cm dengan diameter 20 cm sampai 50 cm.

Buis beton berbentuk kotak berharga lebih tinggi daripada buis beton berbentuk tabung. Hal ini disebabkan karena kekuatan pada buis beton ini yang jauh melampaui kekuatan buis beton tabung atau belah. Harga di pasar untuk ukuran 40 x 40 x 100 cm mencapai Rp 890 ribu sedangkan buis beton yang paling besar dengan ukuran 200 x 200 x 100 cm dibanderol dengan harga Rp 11,5 juta per buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *