Kenali Elemen Penting Sebelum Memasang Partisi Kaca

Partisi Kaca

Dalam sebuah konstruksi bangunan, elemen kaca sering digunakan sebagai fungsi pencahayaan alami. Dimana permukaan kaca serta tampilannya yang bening memudahkan sinar matahari yang masuk untuk diteruskan ke dalam ruangan. Namun karena bahannya yang ramah untuk dijadikan inovasi, kini kaca dipilih tidak hanya sebatas untuk membuat jendela saja. Penggunaan kaca dalam konstruksi bangunan telah meluas hingga menjadi unsur dekoratif termasuk sebagai pembatas ruangan dengan elemen partisi kaca.

Beberapa alasan mengapa kaca dipilih sebagai konstruksi bangunan khususnya sebagai sekat pemisah ruangan di antaranya adalah unsur estetika kaca yang terbilang sangat tinggi serta harga partisi kaca yang bersaing dengan kualitasnya. Dengan menampilkan kesan elegan, mewah, rapi serta berkelas penggunaan partisi kaca biasanya untuk bangunan kantor, restauran, kafe dan mall. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan partisi kaca juga digunakan untuk konstruksi hunian tempat tinggal.

Beberapa jenis kaca yang biasa digunakan mulai dari float glass atau kaca bening. Kaca ini yang biasa digunakan sebagai kaca jendela pada umumnya. Namun jika ingin memberikan sedikit ruang untuk privasi, maka Anda bisa memilih tinted glass atau kaca warna. Pada prosesnya, kaca jenis ini telah dicampur dengan zat pewarna sehingga tidak terlalu bersifat tembus pandang. Sementara jenis kaca untuk memberikan kesan retro, Anda dapat menggunakan kaca es. Selain bisa digunakan sebagai unsrur dekoratif. Penggunaan partisi kaca es pada bagian luar bangunan bisa memantulkan cahaya sehingga memberikan efek bayangan pada satu sisi kaca. Selain mereduksi cahaya yang masuk, kaca jenis ini terkadang dijadikan elemen untuk menyembunyikan bangunan atau berkamuflase. Dengan keistimewaannya yang dibawa tidak heran kan kalau harga partisi kaca es relatif lebih mahal.

Jika Anda adalah seorang pengguna smartphone dengan layar full touchscreen maka Anda sering mendengar tentang tempered glass. Kaca jenis ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi di antara jenis kaca lainnya. Ketahanan ini bisa melebihi ktiga sampai lima kali ketahanan kaca pada umumnya. Sehingga lebih tahan benturan , angin, tekanan air dan perubahan suhu. Apabila kaca ini pecah, maka kepingan kacanya tidak akan berhamburan. Sehingga akan lebih aman dan banyak disaran untuk digunakan sebagai partisi kaca.

Partisi Kaca

Barang Ini Perlu Dimiliki Bagi yang Ingin Memasang Pastisi Kaca

Setelah mengenali manfaat dan jenis-jenis kaca sebagai pembatas ruangan, maka kini saatnya untuk mencari tahu elemen apa saja yang dibutuhkan untuk memasang partisi dari bahan kaca. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Frame

Frame atau bingkai digunakan sebagai daun kaca atau dudukan kaca. Untuk menghindari tepi kaca yang tajam, maka frame akan mengkover resiko tersebut. Namun dalam pemasangan frame kaca terdapat sejumlah perhitungan yang harus ditaati. Mengingat sifat kaca yang mudah memuai bila terkena suhu tinggi, frame kaca harus memiliki ruang lebih agar kaca memiliki ruang pada saat memuai. Hal ini bertujuan untuk menghindari kaca pecah saat matahari sedang terik-teriknya. Namun Anda bisa juga memasang partisi kaca frameless yang tidak membutuhkan frame. Jenis pemasangan kaca partisi seperti ini sering dipilih pada desain interior perkantoran untuk memberikan kesan yang elegan dan menawan.

2. Sealent And Gun

Sesuai dengan tujuannya yang dijadikan partisi, pemasangan kaca partisi haruslah dibuat mengikuti bentuk konsep. Maka dari itu untuk mengeratkan setiap bilah kaca sesuai dengan bentuk dan kepentingannya kaca harus direkatkan dengan lem. Namun lem yang biasa digunakan adalah lem sealent. Sealent akan mengisi celah dan membatasi keluar masuk angin dan air sehingga meminimalisir getaran dan gangguan substrat kaca. Untuk jenis kaca tinted glass dan kaca patri, sealent tersedia dalam berbagai warna. Sehingga dalam penggunaannya tidak akan menghancurkan unsur estetika ruangan.

3. Sticker Sandblast

Jika ternyata Anda lebih menyukai kaca yang bermotif, sementara harga partisi kaca patri dan tinted glass terbilang cukup tinggi maka sebagai alternatif Anda bisa menggunakan ticker sandblast yang memiliki berbagai motif. Untuk memaksimalkan tampilan ruangan Anda serta untuk menjaga privasi, sticker sandblast bisa Anda gunakan sesuai selera Anda.

Baca juga: Intip Perbedaan antara Glasswool dan Rockwool Disini Sebelum Membeli

4. Floor Hinge

Partisi kaca yang tidak menggunakan frame atau frameless maka harus memiliki ketinggian yang cukup untuk proses penanaman kaca pada dinding, lantai dan langit-langit. Tidak terkecuali untuk partisi kaca yang juga merangkap sebagai pintu. Floor hinge berguna sebagai pegangan pintu agar kaca dapat terbuka dan tertutup dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *