Yuk Kenali Lebih Dalam Apa itu Epoxy Lantai dan Kelebihannya

Kenali Epoxy Lantai dan Kelebihannya

Dalam dunia konstruksi epoxy mulai banyak diaplikasikan pada lantai, khususnya lantai yang memiliki tingkat aktivitas tinggi dengan berat beban yang berlebih. Namun, masih banyak orang awam yang belum paham keberadaan Epoxy, lalu apa itu epoxy pada lantai?  epoxy lantai ialah proses pelapisan pada lantai dengan memanfaatkan epoxy. Adapun epoxy adalah salah satu jenis resin dari proses polimerisasi. Bahan satu ini dicampur dengan bahan kimia khusus yaitu hardener. Maka secara umum epoxy pada lantai ialah cat khusus yang di dalamnya mencampurkan 2 bahan penting yaitu resin dan hardener.

Ketahuilah biasanya epoxy diaplikasikan pada lantai tertentu, di antaranya lantai garasi, area parkir, laboratorium, gudang, trotoar, pabrik, rumah sakit, ruang kantor, hanggar pesawat dan dapur. Lantai di area tersebut rawan sekali dengan gesekan dan tumpahan zat kimia, dengan adanya epoxy maka mengurangi adanya kerusakan pada lantai. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan campuran antara epoxy dan hardener harus dilakukan sesuai dengan takarannya masing-masing.

Kelebihan Epoxy Lantai yang Harus Dipahami

Kenali Epoxy Lantai dan Kelebihannya

Keberadaan epoxy lantai semakin banyak dilirik orang. Hal ini menandakan epoxy mampu memberikan hasil yang memuaskan. Berikut berbagai keunggulan epoxy yang harus diketahui :

1. Daya tahan yang tinggi

Cat epoxy sangat berbeda dengan cat biasa, karena pelapis lantai satu ini memiliki ketahanan yang cukup tinggi. Sangat cocok diaplikasikan pada lantai gudang yang menahan beban hingga berton-ton beratnya. Cat ini juga cukup kuat dan tidak akan mudah rusak dari cairan kimia yang tersiram di atas lantai. Sehingga kamu bisa lebih berhemat tidak perlu mengeluarkan uang dalam jangka waktu yang lama untuk perbaikan.

2. Pemasangan mudah dilakukan

Jika akan dipasang di pabrik kamu tidak perlu khawatir dengan pemasangan yang lama dan mengakibatkan aktivitas pabrik terganggu, karena proses pemasangan relatif singkat. Bagian paling penting takaran dan proses pemasangan dilakukan dengan benar.

3. Memiliki tampilan yang artistik

Cat biasa tidak memiliki ketahanan yang tinggi, bahkan saat bergesekan dengan benda lain bisa terkelupas dengan mudah. Namun tidak bagi cat epoxy, pelapis satu ini memiliki ketahanan yang luar biasa. Nilai lebihnya lagi tampilan yang dihasilkan sama sekali tidak jelek, bahkan memiliki nilai keindahan tersendiri. Bentuk lantai akan tampak lebih bersih, permukaan lantai lebih halus, dan kuat pastinya.

4. Perawatan lebih mudah

Tidak hanya pembuatannya saja yang mudah, ternyata perawatan epoxy bisa kamu lakukan dengan mudah. Apalagi bila orang tahu jika epoxy memiliki daya tahan terhadap udara dan panas yang baik, bahkan lantai menjadi anti debu.

5. Harga lebih terjangkau

Harga epoxy cukup terjangkau dibanding dengan jenis lapisan lantai lainnya. Sebelum membeli pastikan untuk mengetahui seberapa luas lantai yang akan kamu terapkan epoxy dan ketebalan yang akan dipilih. Dengan mengetahui beberapa point tersebut kamu bisa membeli epoxy dengan jumlah menyesuaikan kebutuhan.

Di mana ada kelebihan pasti ada kekurangan, pada cat epoxy kelemahan yang sangat mencolok adalah licin saat lantai basah. Oleh sebab itu pastikan lantai epoxy selalu kering. Selanjutnya untuk pembuatan lantai memang mudah diaplikasikan, tetapi jika ada kegagalan dalam penerapannya bisa menyebabkan kondisi lantai tidak rata ,bergelembung, lapisan kekuatan pada lantai berkurang, cat belum mengeras dan lain sebagainya. Maka dari itu epoxy lantai sebaiknya dilakukan oleh orang-orang yang sudah profesional dalam bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *