5 Perawatan yang Harus Dilakukan Untuk Keawetan Engsel Pintu

Perawatan Untuk Keawetan Engsel Pintu

Masing-masing rumah tentu memiliki pintu yang berguna sebagai batas antar ruang. Selain itu, pintu pun berguna untuk keluar masuknya seseorang dari sebuah ruangan. Saat ini pintu telah hadir dalam beragam jenis, salah satunya pintu UPVC. UPVC merupakan jenis pintu yang saat ini telah banyak dipilih masyarakat, khususnya di perkotaan. Rumah yang menggunakan pintu berjenis UPVC ini dijamin akan lebih terlihat mewah dan modern. Pada pintu jenis UPVC, masalah yang paling sering ditimbulkan yaitu di bagian engselnya. Jadi engsel sering macet dan mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu.

Cara merawat engsel pintu agar terhindar dari masalah

Engsel yang macet pada pintu UPVC sebenarnya sebuah hal yang wajar. Untuk itu sebagai pemilik, kalian harus memahami bagaimana cara perawatan yang tepat. Tidak sulit merawat engsel pintu, karena kalian hanya membutuhkan 4 langkah perawatan sebagai berikut:

1. Hindari basah

Pintu yang letaknya di bagian luar runah tentu sering terkena tetesan air hujan. Apabila hal tersebut terjadi terus menerus, maka lambat laun engsel akan mengalami karatan. Untuk itu sebelum pemasangan hendaknya kalian memilih jenis engsel pintunya dahulu. Jika akan diletakkan di luar rumah, pilih engsel yang berbahan anti karat. Dengan begitu meski diterpa oleh berbagai macam hantaman air, engsel akan tetap kuat.

2. Menyemprotkan cairan untuk anti karat

Jika engsel pintu UPVC sudah terlanjur karatan, maka ada baiknya kalian mengganti engselnya dengan yang baru. Jika sudah diganti dengan engsel baru, maka segeralah untuk menyemprotkan cairan untuk anti karat. Sehingga engsel pintu pun dapat lebih awet serta tidak mudah mengalami macet. Namun perlu diingat, kalian tidak perlu melakukan penyemprotan cairan anti karat untuk engsel yang berbahan plastik, Pasalnya engsel dari bahan plastik sudah pasti tidak akan terserang karatan.

3. Membersihkan engsel secara rutin

Selain karena air, engsel juga dapat rusak apabila terkena debu. Untuk itu kalian wajib rutin membersihkan engsel pintunya dari debu yang menempel. Pasalnya debu yang menumpuk akan membuat engsel sulit untuk dibuka. Untuk membersihkan engsel dari debu yang menumpuk, kalian perlu menggunakan sikat berukuran kecil. Sikat berukuran kecil tersebut tidak perlu dicelupkan ke dalam air, langsung saja sikat engselnya yang berdebu. Untuk lebih maksimal, kalian dapat menggunakan sabun di sikatnya. Kemudian kalian juga harus mengecek debu pada bagian bawah pintu. Jika debu di bawah pintu tidak dibersihkan akan membuat pintu sulit dibuka dan engsel pun akhirnya patah.

4. Manfaatkan pelumas

Engsel pintu yang umurnya sudah cukup lama biasanya mengeluarkan bunyi yang cukup mengganggu. Bunyi tersebut biasanya dihasilkan oleh engsel berjenis besi. Untuk mengatasi masalah seperti itu maka kalian membutuhkan pelumas, sehingga bunyi mendecit dapat hilang. Dalam keadaan mendesak, kalian juga dapat memanfaatkan oli yang biasanya digunakan untuk rantai kendaraan. Tenang saja karena oli kendaraan tidak akan merusak engsel pintu.

5. Mengganti engsel yang bermasalah

Ketika kondisi engselnya sudah macet, maka terkadang engsel menjadi bengkok dan akhirnya patah. Jika kalian mengalami hal tersebut maka segeralah untuk mengganti engsel yang rusak tersebut. Carilah engsel yang lebih kokoh serta tahan lama. Sehingga pintu pun dapat berfungsi dengan baik. Kemudian untuk memberikan hasil maksimal, kalian perlu meminta bantuan kepada seseorang ahli dalam hal pemasangan pintu. Sehingga pemasangan engsel pintu UPVC berjalan lancar dan dapat bertahan di waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *