Rumah Anda Mengalami Kebocoran? Cegah Bocor dengan Cara Ini

Rumah Anda Bocor Cegah dengan Cara Ini

 

Saat musim hujan, tak jarang beberapa bagian rumah mengalami kebocoran. Bahkan terkadang bisa sampai menimbulkan genangan di lantai loh. Padahal, terjadinya kebocoran bisa merusak tampilan dan perabotan di dalam ruangan. Penyebab rumah yang bocor pun beragam, mulai dari atap yang rusak, rembesan air dari balkon atau kamar mandi lantai atas, rusaknya pipa air, dll.

Nah, pada kasus kebocoran yang terjadi dalam waktu cukup lama, bukan tidak mungkin akan merusak struktur rumah. Dinding menjadi lembab dan berjamur, muncul noda pada lantai, bahan kayu menjadi lapuk, dan sebagainya. Oleh karena itu, anda wajib mempersiapkan cara pencegahan sebelum mengalami kebocoran. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan plafon GRC sebagai penahan air hujan yang masuk lewat sela sela genteng. Tak hanya itu, masih ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan dalam upaya pencegahan kebocoran ini.

Cara Mencegah Agar di Rumah Tidak Terjadi Kebocoran

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam upaya pencegahan rumah agar terhindar dari bocor. mari simak informasinya di bawah ini.

1. Mengatur posisi genteng agar tak terlalu renggang

Rumah Anda Bocor Cegah dengan Cara Ini

Cara yang pertama yakni dengan mengatur posisi genteng agar lebih rapat dan tidak terlalu berjauhan. Karena bisa saja posisi genteng bergeser ataupun melorot akibat hujan besar dan angin kencang. Tentu saja, kerapatan atap ini akan membuat air hujan mudah masuk melalui celah celah genteng.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan kemiringan atap genteng tersebut. Misalnya saja 30/40 derajat untuk genteng keramik, serta 15 derajat untuk atap asbes. Lakukan pengecekan bagaimana kondisi atap rumah anda. Segera lakukan perbaikan apabila atap mulai terlihat retak ataupun sudah pecah, tanpa harus menunggu terjadi bocor.

2. Memperbaiki talang maupun pipa saluran air yang rembes atau bocor

Rumah Anda Bocor Cegah dengan Cara Ini

Kebocoran ternyata juga bisa disebabkan oleh kerusakan talang atau pipa saluran air. Pipa air yang mulai rembes dan bocor, bisa saja menjadi penyebab kebocoran pada ruangan ataupun atap. Maka dari itu, sebaiknya cek kondisi saluran pipa air secara berkala. Lakukan perbaikan jika diperlukan, untuk mencegah terjadinya bocor pada ruangan.

3. Pemakaian cat waterproof pada dinding dan atap

Rumah Anda Bocor Cegah dengan Cara Ini

Salah satu cara untuk mencegah bocor adalah dengan mengaplikasikan cat waterproof pada atap dan dinding. Lapisan ini bisa melindungi rumah anda dari rembesan air hujan, sehingga tidak akan masuk ke dalam rumah. Keunggulan dari cat ini adalah lapisannya mampu memberikan perlindungan yang maksimal dan lebih kuat dibanding cat biasa.

4. Memasang pelapis anti bocor di area kamar mandi

Rumah Anda Bocor Cegah dengan Cara Ini

Pelapis anti bocor bisa anda terapkan di area lembab yang sering terpapar air seperti kamar mandi dan balkon. Karena tak jarang, kebocoran hanya terjadi di lantai bawah akibat rembesan air dari balkon ataupun kamar mandi di lantai atas. Maka dari itu, anda perlu mengaplikasikan lapisan waterproofing seperti jenis membrane.

5. Memasang plafon yang untuk menghalau air hujan

Rumah Anda Bocor Cegah dengan Cara Ini

Plafon adalah bagian pembatas antara atap dengan area di bawahnya, yang salah satu fungsinya adalah menghalau air hujan. Dengan kehadiran plafon ini, percikan air hujan akan tertahan dan tidak langsung mengenai ruangan. Pemasangan plafon juga dinilai menjadi cara yang efektif untuk mencegah bocor. Namun anda perlu mempertimbangkan pemilihan jenis plafon yang tepat seperti plafon dari kayu ataupun plafon GRC. Hindarilah pemilihan plafon dari kayu anyam ataupun bahan kain.

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara mencegah bocor pada ruangan? Yuk segera lakukan cara di atas supaya rumah anda terhindar dari kebocoran!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *