Sangat Mudah, Inilah 4 Tips Membuat Ruang Tamu Bertema Go Green

Sangat Mudah, Inilah 4 Tips Membuat Ruang Tamu Bertema Go Green

Dalam dunia arsitektur konsep go green biasa dikenal dengan sebutan Green Design atau Green Architecture. Green atau yang berarti hijau bukan berarti harus menjadikan suatu ruangan menjadi dominan dengan warna-warna hijau. Konsep go green adalah konsep ruangan yang berarti ramah lingkungan dan juga sehat. Biasanya menekankan pada penataan yang bernuansa asri dan juga bersahabat dengan alam. Atau dalam realisasinya hampir mirip dengan konsep ruangan terbuka.

Dengan menggunakan konsep ini, maka suatu ruangan akan terasa sangat nyaman untuk dihuni dan tentu sangat ramah lingkungan. Konsep go green ini biasanya banyak digunakan pada ruangan tamu dan juga ruangan yang tepat berada di belakang rumah. Adanya konsep go green di ruang tamu, tentu mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para tamu yang datang berkunjung. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan konsep go green di ruang tamu, perhatikanlah tips-tips di bawah ini!

4 Tips Membuat Ruang Tamu Bertema Go Green

Di era modern ini, hampir setiap hunian menggunakan konsep go green di dalam salah satu ruangannya. Selain aman dan nyaman untuk manusia, konsep go green ini juga sangat aman untuk lingkungan dan makhluk hidup lain disekitarnya. Menjadikan ruang tamu berkonsep go green sebenarnya tidaklah sulit, Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan seorang kontraktor interior. Nah, penasaran bukan bagaimana caranya? Ini dia tips-tipsnya!

1. Gunakan Produk Cat yang Bersifat Eco-Friendly

Go green alias ramah lingkungan berarti mengharuskan Anda untuk menggunakan material dan bahan bangunan yang aman untuk digunakan. Aman disini maksudnya adalah bahan yang digunakan telah terbebas dari campuran zat kimia. Salah satu zat kimia paling banyak dalam bahan bangunan biasanya akan ditemukan dalam cairan cat tembok.

Anda tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak cat tembok yang memiliki sedikit kadar zat kimia, yaitu jenis cat yang bersifat eco-friendly. Cat jenis ini biasanya terbuat dari minyak tumbuhan dan ekstra bahan alami lainnya.

2. Buat Ruangan Memiliki Cahaya Matahari dan Sirkulasi Udara dengan Baik

Untuk membuat ruang tamu memiliki konsep go green maka pastikan bahwa ruangan tersebut memiliki cahaya matahari dan sirkulasi udara dengan baik. Caranya yaitu Anda harus menghadirkan jendela yang berukuran lebar sehingga pada siang hari, Anda bisa membukanya dengan leluasa. Jangan lupa untuk menggunakan tirai jendela jenis vertikal atau horizontal blind yang juga memiliki standar ramah lingkungan tinggi. Dengan adanya tirai, Anda bisa mengatur pencahayaan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan dengan lebih mudah.

Untuk mendapatkan tirai jenis vertikal atau horizontal blind, Anda tak perlu khawatir akan kehabisan uang. Kini harga jual gorden minimalis tersebut sudah banyak ditawarkan dengan sangat terjangkau dipasaran.

3. Gunakan Furnitur Berbahan Kayu

Selain menggunakan tirai jendela, ada hal penting lain yang tidak boleh Anda lupakan untuk ruang tamu berkonsep go green. Hal penting tersebut adalah penggunaan furnitur berbahan kayu. Dibandingkan jenis material lainnya seperti besi atau aluminium, kayu merupakan material yang sangat aman dan ramah lingkungan karena dalam proses pembuatannya tidak mencampurkan zat-zat kimia yang berbahaya.

Anda bisa menggunakan furnitur berbahan kayu seperti meja dan kursi kayu. Selain ramah lingkungan, penggunaan furnitur berbahan kayu juga dapat menghemat budget Anda. Biasanya harga furnitur kayu dibanderol lebih murah daripada jenis furnitur lainnya yang terbuat dari besi.

4. Hadirkan Tanaman di Dalam Ruangan

 

 

Tamu Bertema Go Green

Hadirnya tanaman di dalam ruang tamu akan membuat suasana go green semakin terasa, ruangan pun menjadi lebih asri dan juga sehat. Anda bisa meletakan beberapa tanaman hias di sudut ruangan, atau bisa juga menghadirkan tanaman gantung yang dipasang pada langit-langit jendela. Untuk menjadikan tanaman selalu sehat, maka pastikan bahwa ruangan memiliki paparan sinar matahari dengan baik. Agar ruangan tidak terlalu terik akibat panas sinar matahari, maka Anda bisa menggunakan tirai jenis vertikal blind.

Seperti yang sudah dibahas di atas, harga jual gorden minimalis tersebut tidak lah mahal. Anda tak perlu ragu lagi untuk membelinya guna terciptanya ruang tamu go green yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *